Cakka Canangkan Satu Juta Bibit Kopi


Luwu,Sulsel—Bupati Luwu, H A Mudzakkar, Minggu (3/4) kemarin mencanangkan gerakan 1 Juta Bibit Kopi yang di pusatkan di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu.
Gerakan ini diawali dengan penanaman perdana bibit kopi jenis Arabika di Desa Ulu Salu Kecamatan Bastem. Menurut Kepala Dinas kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Luwu, H Basir, penanaman satu juta bibit kopi merupakan terobosan Bupati Luwu dengan melihat kondisi alam Latimojong yang sangat pas dengan tanaman kopi. “Ini sangat luar biasa yang dilakukan bupati. Latimojong akan dikenal sebagai penghasil kopi khususnya Arabika. Bukan hanya itu saja, kami sudah ke Malino melihat pengembangkan buah Markisa. Kami ada sampel di Latimojong ini sebagai uji coba. Dan ternyata dengan melihat pertumbuhan sampel tanaman, saya kira Markisa ini juga akan kita kembangkan,” ungkap Basir.
Dijelaskan Basir, gerakan satu juta bibit kopi akan dikelola 15 kelompok tani yang ada di Kecamatan Latimojong dengan total anggaran sebesar Rp 1 milyar. “Jadi setiap kelompok tani nantinya akan diberikan biaya penanaman dan pemeliharaan sebesar Rp 64.127,700, yang akan masuk dalam rekening kelompok tani tanpa ada potongan sepeser pun. Keberpihakan pak bupati terhadap kita semua khususnya di Latimojong ini, tolong jangan disia-siakan. Mari rapatkan barisan untuk selalu bersama,” kata Basir diwarnai teriakan dan tepuk tangan warga Latimojong.
sumber : www.luwukab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar